Mebel atau perabotan untuk rumah dari kayu memang masih menjadi mebel yang banyak sekali digunakan untuk melengkapi kebutuhan rumah dari masa ke masa. Mebel sendiri masih banyak sekali di buat dari bahan dasar kayu jati berkualitas tinggi. Kayu jati sendiri masih menjadi pilihan pertama ketika membuat perabot untuk rumah. Dipilihnya kayu jati sebagai bahan dasar utama karena kayu jati sendiri memiliki keunggulan dibandingkan dengan kayu lainnya. salah satunya yaitu kayu jati sangat awet karena rayap sebagai hama kayu tidak suka dengan kayu jati sehingga kayu jati terhindar dari serangan rayap yang biasa menyerang pada kayu-kayu lainnya. kayu jati (teak wood) merupakan kayu yang sangat popular dalam industri woodworking. Kayu jati ini merupakan salah kayu yang terbaik untuk digunakan sebagai bahan bakumebelatau bahan -bahan untuk produk dari kayu yang lain. Kayu jati ini banyak tumbuh di daerah asia, dan merupakan produk kayu unggulan dari Indonesia. Kayu jati banyak digunakan sebagai kerangka rumah, pintu, furniture, pagar, flooring dll. Selain itu kayu jati juga memiliki serat kayu yang kuat sehingga sangat kokoh dan mewah ketika digunakan untuk digunakan mebel kayu dari jati. Walupun secara umum kayu jati sendiri sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan mebel, tapi kita juga harus mengetahui cara yang tepat dan benar memilih kayu jati yang berkualitas. karena terkadang masih ada mebel kayu jati yang tidak memenuhi standart, sehingga hasilnya tidak maksimal. Kayu jati yang digunakan untuk membuat produk kayu bagaimanapun juga harus kayu yang sudah kering. Penggunaan kayu yang masih basah akan menimbulkan masalah dikemudian hari seperti, masalah kayu pecah, melengkung atau bahkan masalah jamur. Kayu yang sudah kering juga memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena masalah dari minyak kayu di dalam nya.

Berikut tips memilih furniture kayu jati adalah :

  1. Jangan memilih kayu yang berlubang

kayu jati berlubang karena sudah di buat atau di pakai untuk membangun rumah oleh hama kayu (rayap) yang bisa menyebabkan terjadinya bubuk kayu, Warga jepara menyebutnya “Trocoh”. Furniture yang terkena cocoh biasanya ada lubang-lubang kecil yang membuat kayu di furniture menjadi rapuh dan tidak tahan lama. Karna itu jika membeli furniture sebisa mungkin cari yang tidak bercocoh atau lubang-lubang kecil pada kayu.

  1. Pilih kayu jati yang umurnya sudah tua

Pilihlah kayu jati yang umurnya sudah tua atau lama ciri-cirinya yaitu serat kayu yang padat, berat kayu yang berbobot, warnanya coklat kemerah-merahan dan merata keseluruhan kayu.

  1. Memilih finishing yang bagus dan berkualitas

Cara Memilih finishing yang bagus dan berkualitas anda tinggal melihat warna yang merata di semua bagian-bagian produk furniture, mulai dari pori-pori kayu tertutup dan finishing tebal. Carilah bahan finishing yang terbaik dan berkelas, untuk mengetahuinya anda tinggal merabanya, finishing yang bagus produk furniture sangat halus ketika di pegang ataupun di raba.

  1. Pilihlah konstruksi mebel yang berkualitas

Bila anda mau membeli Furniture, cobalah untuk memakainya dulu, karna dengan memakai kita bisa tau kontruksinya bagus atau bukan. Kontruksi yang bila kita memakainya akan terasa nyaman, kuat atau kokoh ketika kita gunakan. Produk furniture juga harus Simetris.

  1. Survei harga

Pintar-pintarlah mencari perbandingan harga, karena bisa jadi antar toko, furniture yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan harga yang signifikan. Mebel furniture yang cukup lama berada didalam toko kemungkinan besar karena tidak laku, anda dapat menawarnya dengan harga yang lebih murah. Beda lagi dengan furniture yang pre order, karena banyaknya pesanan dan terbatasnya pengrajin biasanya mebel furniture jenis ini harganya lebih mahal, tentunya sesuai dengan kualitas.

  1. Carilah furniture asli Jepara

Karena sejak dulu Jepara sudah terkenal dengan mebelnya atau furniture. Furniture Jepara juga sudah go internasional, karna sudah di percaya dengan kualitas furniture yang baik. Buktinya sampai sekarang banyaknya customer dari negara tetangga yang mempercayai kebutuhan furniture untuk di produksi oleh tangan-tangan orang jepara, itulah keunggulan Jepara dari cara membuat produk furniture yang di buatnya.

Berikut di atas adalah beberapa tisp memilih Furniture Jati, semoga bermanfaaat bagi anda khususnya para penggemar furniture jati Jepara.

Kursi-Putih-Neo-Klasik-Clara

Pencarian Populer :

beda mebel dari pasuruan dgn jepara, akar kayu jati tua apa bisa dibuat bermacam macam kursi cantik, selain jati jepara, pilih mana sofa rangka kayu jati atau kayu biasa tpi murah, mebel jati dipasuruan toko varia, mebel berkwalitas asli kayu, masih ada peluangkahbisnis mebel kayu jati dibatam, kayu yang bagus buat bupet selain jati, jual kayu jati berlobang, cara memilih lemari kayu jati yang bagus, Cara bedakan lemari olympic asli, beda kursi cantik jati jepara dan bukan, apa beda ny kayu jati pasuruan dan jepara, tips membeli lemari pakaian kayu jati